-->

Sunday, March 12, 2017

Kenali Kode Ajaib pada Template Blogger

Tahukah Anda jika di dalam template standar Blogger / Blogspot terdapat sebuah kode HTML yang memiliki banyak rupa dan manfaatnya, atau bisa dibilang sebagai kode ajaib yang memiliki seribu guna. Kode ini akan berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan, dan perubahannya hanya bisa dilihat pada page source.

Kode ajaib Blogger ini terletak di dalam tag head. Jika Anda penasaran dengan perubahannya, silahkan buka salah satu page source dari postingan anda, kemudian cari kode di bawah ini.
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
Saya jamin anda tidak akan pernah menemukan kode tersebut pada page source, karena kode itu telah berubah menjadi beberapa baris kode baru. Lihat juga page source halaman utama untuk melihat perubahan lainnya.

Berikut adalah beberapa fungsi dari kode ajaib Blogger .

  • Memberi informasi kepada browser dan mesin telusur, bahwa tipe konten baik teks maupun html diidentifikasikan sebagai karakter set UTF-8 (Unicode Tranformation Format-bit-8) ditulis charset=UTF-8. UTF-8 merupakan standar pengkodean karakter (character encoding) yang digunakan dalam sistem operasi, bahasa pemrograman, API, dan aplikasi perangkat lunak. Karena telah mendukung semua sistem penulisan karakter data yang dikenal di dunia yang meliputi huruf, angka, simbol dan sebagainya.
  • Memberikan informasi kepada mesin telusur berkaitan dengan url canonical (utama) dan url alternate (alternatif), dimana hal ini dapat mencegah atau mengatasi masalah duplikat content
  • Script pendukung tampilan blog pada Internet Explorer
  • Identifikasi profil pengarang yang digunakan
  • Identifikasi judul, deskripsi, gambar utama dan masih banyak yang lainnya.


Sekedar informasi, dulu saya pernah mengikuti tutorial seputar SEO yang menganjurkan untuk menghapus kode ajaib tersebut, kemudian menggantinya dengan kode yang jumlahnya tidak sedikit. Namun apa yang terjadi, seminggu kemudian saya dapati pada hasil indeks terdapat dua alamat url berbeda untuk setiap artikel. Yaitu versi blogspot.com dan versi blogspot.co.id saling berebut posisi (terjadi pembelahan kekuatan), padahal saya tidak pernah memverifikasi versi blogspot.co.id, kemudian saya pasang kembali kode ajaibnya dan semua kembali normal meski butuh waktu yang lumayan lama.

Bagaimana dengan Anda, apakah masih ingin membuang kode ajaib Blogger yang sakti serbaguna? Yakin kode penggantinya sudah cukup untuk mengcover kebutuhan dasar blog Anda? Atau jangan-jangan banyak kode yang sama atau kembar muncul pada page source. Cobalah sesekali luangkan sejenak waktu Anda untuk mengamati kode yang diambil robot perayapan (khususnya yang terbaru). Mungkin saja ada pelajaran yang bisa Anda dapatkan di sana.


Pesan : Jangan mudah percaya dengan informasi yang anda dapat dari "internet", gunakan logika dan akal sehat Anda untuk memfilter informasi yang anda dapat. Termasuk semua informasi yang ada di dalam blog ini. Cukup jadikan sebagai bahan pertimbangan jika memang pantas untuk dipertimbangkan.

No comments: