-->

Sunday, April 16, 2017

Cara Membuat Pesan di Atas Kotak Komentar pada Blogspot

Anda pasti pernah melihat pesan di atas kotak atau form komentar yang ditulis oleh admin blog sebagai himbauan kepada para pembaca yang ingin berkomentar. Pesan yang ditulis beragam, tergantung pemilik web / blog. Pesan formulir komentar juga bisa digunakan untuk membuat aturan dalam berkomentar, agar pembaca yang ingin berkomentar tidak sembarangan dalam menulis komentar. Karena hal itu sangat berpengaruh terhadap kemurnian dari konten utama yang bisa menyebabkan naik turunnya peringkat pada SERP (Search Engine Result Page). Maka tidak jarang kita menemukan pesan komentar yang bernada keras atau terkesan angkuh di mata orang awam, tapi tidak bagi mereka yang tahu. Karena hal itu semata-mata hanya untuk menjaga konten dari kata-kata yang tidak pantas, tidak relevan, atau iklan spam yang disisipkan oleh orang yang berkomentar. Apalagi bagi blog yang menjadi publiser Adsense, setiap komentar yang dipublikasikan harus melalui proses persetujuan admin blog / harus di moderasi, karena Adsense sangat anti dengan konten yang mengandung kata-kata terlarang (hal yang berkaitan dengan pornografi, kekerasan, isu sara) atau tautan ke situs terlarang.
Pesan komentar

Untuk itu, sebagai pemilik blog, tidak ada salahnya untuk membuat pesan komentar sebagai aturan dalam berkomentar. Jika Anda tertarik untuk membuat pesan pada komentar blog yang Anda miliki, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Masuk ke Blogger, pilih blog, pada menu sebelah kiri bawah klik Setelan / Setting, kemudian pilih Post, komentar, dan berbagi.

2. Cari Pesan Formulir Komentar kemudian klik tambahkan.

3. Tulis pesan Anda pada kotak yang tersedia. Bila sudah klik Simpan Setelan pada kanan atas.

Contoh pesan komentar :
Silahkan berkomentar yang bijak dan santun. Penggunaan link aktif akan terhapus otomatis. Untuk mendapatkan backlink Anda bisa menggunakan opsi Nama/Url.
Catatan :
Jika ingin menyisipkan kode gunakan tag <i rel="pre">Kode Anda</i>
Jika ingin menyisipkan gambar gunakan tag <i rel="image">Url-Gambar</i>
Jika ingin menyisipkan judul gunakan tag <b rel="h3">Judul</b>
#Terima kasih#


Contoh lainnya
Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
Catatan :
Komentar ini menggunakan moderasi, setiap komentar yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Hanya komentar yang berkualitas dan relevan dengan topik di atas yang akan ditampilkan. Harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin)


Pada tema / template standar Blogger, pesan komentar akan muncul di atas form komentar, bila artikel atau postingan belum ada komentarnya. Sedangkan pada artikel yang sudah ada komentarnya, pesan komentar akan muncul di bawah form komentar, jika Anda ingin pesan komentar berada di atas form atau kotak komentar, ikuti langkah-langkah selanjutnya.

1. Masuk Blogger, pilih blog, klik Tema, kemudian klik Edit HTML<

2. Cari kode seperti di bawah ini
<b:includable id='threaded_comment_js' var='post'>
....
....
replybox = document.getElementById('comment-editor');
....
....
</b:includable>

3. Hapus kode comment-editor. Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini
<b:includable id='threaded_comment_js' var='post'>
....
....
replybox = document.getElementById('');
....
....
</b:includable>

4. Simpan tema

Penting : Cara di atas efektif untuk membuat pesan komentar berada di atas kotak komentar, hanya saja efek samping yang ditimbulkan adalah fitur Balas (Balasan sebagai) tidak bekerja lagi. Yang ada hanya Tambahkan komentar (Beri komentar sebagai).

Sekian tutorial cara membuat pesan komentar pada blog. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Salam Blogger.

5 comments:

Unknown said...

mantap

Ridwan said...

Terima kasih gan,

Dny said...

makasih share ilmunya gan

wisnoeadhie said...

Terima kasih gan sangat membantu,nanti saya akan terapkan diblog saya...

Arif Rudiantoro said...

Trims Gan atas Infonya :)