-->

Tuesday, September 5, 2017

Cara Terbaru Mengatasi Masalah CSS Bundle di Blogger

Artikel ini merupakan update terbaru cara optimalkan pengiriman css pada template Blogger. Dimana cara lama sudah tidak efektif lagi untuk mengatasi masalah CSS Bundle yang memblokir perenderan konten di paruh atas, lantaran pihak Blogger telah mengeluarkan kedua css eksternalnya dari tag <b:skin>. Hal ini menyebabkan menurunnya performa kecepatan loading blog yang sangat signifikan, apalagi kalau dilihat menggunakan alat Google PageSpeed Insights, hasil laporan performa kecepatan blog bisa jadi pada level kismin (poor).

Untuk saat ini, pada hasil laporan analisis PageSpeed Insights hanya terdapat satu css eksternal yang memblokir perenderan, khususnya pada perangkat mobile / seluler, yaitu widget Bundle css. Untuk mengatasi masalah ini, ada dua pilihan yang bisa ditempuh.

1. Menghilangkan CSS Bundle sepenuhnya
Jika Anda memilih opsi ini, anda harus benar-benar pandai dalam mendesain ulang blog. karena, akan terjadi banyak sekali perubahan pada tampilan blog, hampir semua widget terkena dampak akibat dari pemutusan link css eksternal tersebut. Dan perubahannya berlaku pada semua perangkat, seluler maupun desktop. Kecuali, template dan widget yang Anda gunakan bukan bawaan Blogger.

Untuk menghilangkan pemuatan stylesheet eksternal Blogger (CSS Bundle), caranya sangat mudah, cukup pasang kode b:css='false' ke dalam tag html. Pada template Blogspot, penampakannya akan terlihat seperti di bawah ini.
<html b:css='false' b:version='2' class='v2' expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>

2. Menunda Pemuatan CSS Bundle
Opsi ini bukan tanpa resiko, perubahan tampilan mungkin tetap ada, khususnya pada tampilan versi seluler dan hanya pada template Blogger yang sudah responsive. Tapi menurut saya, ini merupakan solusi paling mudah untuk mengatasi masalah CSS Bundle pada Blogger.

Sebelum menghilangkan CSS Bundle pada tag <head>, sebaiknya salin terlebih dahulu kode CSS Bundle milik Anda. Kode tersebut hanya bisa dilihat pada page source. Terakhir saya lihat, letaknya tepat di bawah kode <head>.
Contoh kode CSS Bundle
<link href='https://www.blogger.com/static/v1/widgets/521441841-css_bundle_v2.css' rel='stylesheet' type='text/css'/>

Di atas adalah contoh kode CSS Bundle dari template blog saya. Untuk melihat kode tersebut Anda bisa menggunakan PageSpeed Insights atau melalui Google search console > pilih properti > perayapan > ambil sebagai Google > ambil > klik tanda dua panah pada url yang telah di ambil. Dengan catatan kode pemutus link CSS Bundle belum tersimpan. Salin kode CSS Bundle milik Anda, lalu pastekan tepat di atas kode </body>.

Selanjutnya, pasang kode b:css='false' seperti pada opsi pertama. Simpan Tema.

Baca juga : Cara mempercepat loading blog

Update

Perubahan besar pada Google Pagespeed test membuat cara penundaan Blogger CSS bundle di atas menjadi tidak efektif lagi. Untuk mengatasinya ikuti langkah berikut

Gunakan rel='preconnect' untuk mencegah Blogger CSS bundle memblokir proses render utama.

Karena sumbernya menggunakan SSL (https), tambahkan juga rel='dns-prefetch'.

Contoh:

<link href='https://www.blogger.com/static/v1/widgets/521441841-css_bundle_v2.css' rel='preconnect dns-prefetch stylesheet' type='text/css'/>

Cara tersebut juga bisa digunakan untuk mencegah stylesheet pihak ketiga lainnya agar tidak memblokir rendering utama.

Catatan :
Tambahkan keterangan !important pada nilai atribut dari class atau id yang mengalami perubahan akibat dari penundaan pemuatan css eksternal Blogger.

Contoh : Pada template Simple Blogger, nilai padding pada element main dan footer dalam @media tidak bekerja dengan semestinya. Akibatnya tampilan untuk versi mobile jadi mengkered menyusut. Untuk mengatasinya, tambahkan keterangan !important pada CSS berikut.
.footer-inner, .main-inner .column-center-inner, .main-inner .column-right-inner{padding:0;}


27 comments:

vermo said...

makasih gan, yang b:css work itu, blog saya jadi enteng.

Ridwan said...

Sama-sama gan, terima kasih juga atas kunjungannya

Syamsul Ahmadi said...

Berhasil, terima kasih sekali Mas.

Ridwan said...

Ya, sama sama. Jangan lupa periksa tampilan blog pd versi seluler maupun desktop, barangkali ada perubahan lain setelah menyembunyikan css Bundle.

Cerita Mamen said...

Maksud tanda 2 panah apa umm

Cerita Mamen said...

Trimakasihh ummm... Suksesss

Ridwan said...

Setelah url diambil, diujung sebelah kanan ada tombol / ikon dua panah, klik untuk melihat deretan kode html yang diambil. Anda bisa lihat kode css Bundlenya disitu.

ZAINAL MUTAKIN said...

trik yang pertama di taruh di atas kode body ya mas.??

Ridwan said...

Maksudnya kode b:css nya, bukan di atas body, tapi disisipkan pada tag html, paling atas. Lihat contoh.

ZAINAL MUTAKIN said...

bisa di lihat screenshotnya gak gann... plisss

Ridwan said...

Kolom ini tidak mendukung gan. Sederhana ko
Cukup kode <html> diubah menjadi <html b:css='false'>
Untuk template default contohnya seperti di dalam artikel

Lokerntb said...

Terima kasih banyak gan. skor pagespeed insight saya langsung jadi 99/100. cara nomer satu yang saya pakai

Ridwan said...

Sama-sama gan, tapi yang terpenting adalah masalah CSS Bundle diparuh atas bisa teratasi,untuk hasil PageSpeed mungkin akan bervariasi sebab banyak faktor lain yang mempengaruhinya

griyachumaidi.com said...

gan , newbie masih belum terlalu paham mau pasang kode !important nya , berikan contoh nya gan

pingin mempercepat blog saya juga gan

Ridwan said...

Gimana ya, masing" tema punya karakter tersendiri gan, jadi ini soal kejelian. Contoh paling umum, biasanya tampilan pd versi desktop bergeser ke kiri, biar balik ke tengah, body{margin:0 auto;} diubah menjadi body{margin:0 auto!important;}

Coba baca post sebelumnya gan "cara optimalkan pengiriman css" disana banyak contohnya, link nya ada di atas

Muafiach said...

Kalau semisal sudah terlanjut pakai carai ini, khususnya cara pertama, terus template amburadul. Balikinnya macam mana? apa dengan di hapus b:css='false' akan balik seperti semula tampilan templatenya?

Ridwan said...

Ya, otomatis akan normal kembali.

bimahartono said...

makasih gan .tutorialnya mudah digunakan ga ribet.salam kenal gan.jika boleh link tutorial untuk daftar bacaan saya di blog.ditunggu konfirmasi baliknya.

Ridwan said...

Sama-sama gan, konfirmasi kmn ya? Kurang tau saya. Tapi, silahkan saja, yang penting bisa bermanfaat,

bimahartono said...

makasih gan atas ijinnya maksudnya saya mau cantumkan link agan https://bakuloreg.blogspot.com ke dalam blog daftar bacaan saya.hehe semoga sukses selalu dan buat para blogger lainnya salam kenal dari my blog bima hartono masih pemula.

Ridwan said...

Ok gan, salam kenal juga,

Rizqi Awan said...

pasang kode b:css='false' dimananya ya gan>

Ridwan said...

Sudah banyak contohnya di atas gan, baca baik-baik, termasuk bagian komentarnya

Wisnu Azis said...

kalo misal buat template baru kode css harusnya di taro dimana mas?

Mudho said...

Om.. Tutornya bagus-bagus,, Punya saya work juga om, tapi setelah tak pasang Iklan AdSense untuk versi moblie menjadi turun jauh om.. padahal 1 Iklan saja.. Klu versi dekstop aman om ku.. Solusinya Om.. makasih..

Ridwan said...

Resiko pasang iklan Adsense di paruh atas, coba turunkan posisi iklan agak ke bawah, trus pasang kode berikut pada <head>
<link crossorigin='' href='https://pagead2.googlesyndication.com' rel='preconnect dns-prefetch'/><link crossorigin='' href='https://googleads.g.doubleclick.net' rel='preconnect dns-prefetch'/>
Tes ulang setelah 1x24jam

Abdul aziz jamaludin said...

!important nya dipasang dimana ya, maksudnya disebelahmana .footer-inner, .main-inner .column-center-inner, .main-inner .column-right-inner{padding:0;}
Malum noob om jadi mohon pencerahannya