-->

Saturday, March 9, 2019

Cara UNREG Kartu Tri, Telkomsel, XL, Axis, Indosat dan Smartfren

Kebijakan pemerintah yang membatasi jumlah registrasi SIM card, dimana satu NIK (Nomor Induk Kependudukan) hanya diperbolehkan maksimal untuk tiga nomor ponsel saja. Membuat banyak orang merasa kawatir jika sesuatu terjadi yang mengharuskan kita untuk mengganti nomor SIM card baru. Misalnya, nomor hilang, terblokir atau memang lagi pengin ganti aja.

Terus, apa solusinya jika NIK sudah terdaftar untuk tiga kartu SIM dan ingin registrasi SIM card baru.
Cara UNREG nomor telepon

Nah, jika anda mengalami masalah seperti di atas, anda bisa ko melakukan pembatalan registrasi atau UNREG nomor telepon yang sudah tidak digunakan agar NIK kamu bisa dipakai untuk registrasi SIM card baru.

Karena sekarang tiap operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, Tri, XL/AXIS, dan Smartfren sudah memiliki fitur UNREG nomor ponsel.

Dengan fitur UNREG nomor ponsel, kamu bisa membuang kartu yang sudah tidak ingin dipakai dengan aman tanpa takut dengan segala kemungkinan buruk atas penyalahgunaan kartu SIM oleh orang lain. Terutama UNREG nomor telepon yang hilang.

Berikut ini adalah cara unreg Nomor XL, Tri, Indosat, Telkomsel, dan Smartfren yang sudah diregistrasi:

1. Cara Unreg Kartu Tri (3)
Buat anda pengguna kartu Tri (3), proses unreg bisa dilakukan melalui website yang dibuat khusus oleh pihak Tri. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Kunjungi website registrasi kartu Tri (3) registrasi.tri.co.id.
  2. Masuk ke menu Unreg.
  3. Masukan data Nomor dan NIK yang digunakan saat melakukan registrasi nomor Tri (3) yang akan di-unreg.
  4. Selanjutnya klik "Minta kode rahasia" yang akan dikirim melalui SMS.
  5. Masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia(hanya berlaku 5 menit).
  6. Jangan lupa beri centang "I’m not robot".
  7. Klik "kirim"
2. Cara Unreg Kartu Telkomsel
Bagi pengguna kartu Telkomsel proses unreg nomor Telkomsel bisa dengan melakukan panggilan USSD ke nomor *444#, pilih nomor tiga (3) untuk UNREG nomor Telkomsel kamu. Jangan lupa siapkan nomor KTP dan KK yang terkait dengan nomor tersebut.

3. Cara Unreg Nomor Axis/XL
Bagi anda pengguna kartu XL/Axis, Proses unreg nomor XL maupun Axis dapat dilakukan lewat sms dengan cara ketik UNREG#NoHP# lalu kirim ke 4444. Atau bisa juga melalui panggilan USSD ke nomor *123*4444#.

4. Cara Unreg Nomor Indosat Ooredoo
Untuk pelanggan Indosat, proses unreg nomor Indosat bisa dilakukan via SMS, yaitu cara ketik UNPAIR#NoPonsel kemudian kirim ke 4444

5. Cara Unreg Kartu Smartfren
Bagi pengguna kartu prabayar Smartfren, proses unreg dapat dilakukan lewat SMS dengan format UNREG#NIK# kirim ke 4444.

Selain lewat sms, pengguna Smartfren juga bisa UNREG dengan mengakses halaman mysf.id/unreg melalui jaringan Smartfren. Anda tinggal memasukan NIK, kemudian  ikuti proses berikutnya.

Jika proses unreg berhasil, nanti akan muncul notifikasi pemblokiran, selanjutnya kamu bisa registrasi ulang dengan data identitas yang valid untuk nomor baru Smartfren kamu.

Baca juga:

  1. Cara Kirim Pulsa Simpati Telkomsel
  2. Cara Kirim Pulsa Indosat Ooredoo



Cara Alternatif Unreg Kartu Prabayar
Selain cara unreg kartu prabayar diatas, anda juga bisa membatalkan registrasi kartu SIM prabayar melalui Gerai Center masing-masing operator yang ada di kota kamu, dengan membawa bukti identitas seperti KTP dan KK, untuk dicocokkan dengan data yang ada.

Bagi kalian yang ingin UNREG kartu SIM yang hilang, disarankan untuk menggunakan cara ini.

5 comments:

Riyan said...

Untuk cara unreg nomor yang hilang harus lewat gerai center ya gan?

Ridwan said...

Bisa lewat customer service gan, mis. Cara UNREG nomor XL yang hilang, bisa menghubungi 817 lewat nomor XL, atau di 021-57959817 (dari nomor lain). Tapi mending datang langsung ke gerai Center (mis. XL center, Grapari Telkomsel, dll), prosesnya lebih mudah dan cepat

Riyan said...

Ok, terima kasih infonya gan, sangat bermanfaat,

Ali Kurniawan said...

Nice info, ijin bookmark gan,

Ridwan said...

Sama-sama, silahkan gan,