-->

Tuesday, January 21, 2020

User Id Internet Banking BRI Sering Terblokir, mungkin inilah yang anda alami

Seperti kita ketahui bersama bahwa, kode kesalahan BBR00Q2 - User Id terblokir pada internet banking BRI akan otomatis muncul apabila kita telah melakukan tiga kali kesalahan dalam memasukkan password internet banking BRI. Dan itu adalah fix penyebab utama internet banking BRI terblokir, karena dijalankan secara otomatis oleh program komputer.

Tapi, bagaimana jika kronologi kejadiannya tidak seperti pada umumnya. Misalnya, ketika baru login internet banking BRI user id langsung terblokir dengan kode kesalahan BBR00Q2. Padahal anda yakin tidak melakukan kesalahan apapun sejak terakhir kali bertransaksi via internet banking BRI. Tentu ini bukan sesuatu yang wajar bukan?

Hal ini pernah saya alami sendiri, bahkan itu terjadi hampir tiap bulan. User Id Internet Banking BRI saya terblokir tanpa ada alasan yang jelas. Sempat berpikir kalau itu terjadi karena ada kesalahan pada sistem komputer internet banking BRI, atau mungkin jangan-jangan ada seseorang yang iseng menggunakan user id saya untuk login internet banking BRI. Karena user id BRI yang saya gunakan masih original alias belum pernah diganti sama sekali, jadi sangat mudah ditebak.

Sampai pada akhirnya titik terang mengenai penyebab seringnya internet banking BRI terblokir terungkap melalui email yang dikirim oleh pihak Bank BRI mengenai aktivitas Gagal login karena salah password seperti pada gambar dibawah ini.
Notifikasi Gagal Login

Dari keterangan waktu, jenis browser dan perangkat yang tertulis pada notifikasi tersebut, saya yakin kalau itu bukan aktivitas saya. Artinya ada seseorang yang mencoba masuk ke akun internet banking BRI milik saya.

Melihat kenyataan yang ada, saya segera mengambil tindakan untuk mengamankan sendiri akun internet banking BRI.

Pertama
Karena kondisi akun sedang terblokir, maka tindakan pertama yang saya lakukan adalah membuka sendiri user id internet banking BRI yang terblokir.

Kedua
Setelah user id internet banking BRI berhasil dibuka kembali, tindakan selanjutnya yang saya lakukan untuk mengamankan akun internet banking BRI dari gangguan serupa adalah dengan cara mengubah user id internet banking BRI.

Tips menjaga kerahasiaan user id dan password internet banking BRI.

  1. Jangan pernah diberitahukan kepada orang lain, meskipun orang tersebut mengaku sebagai karyawan BRI. Karena pihak Bank BRI tidak pernah menanyakan informasi tersebut. Cukup anda dan Tuhan saja yang tahu.
  2. Jangan pernah menyimpan password dan user id BRI dalam bentuk tulisan baik di kertas maupun di ponsel.
  3. Jangan ijinkan ponsel anda menyimpan kata sandi, terutama yang berkaitan dengan transaksi finansial.
  4. Agar tidak mudah lupa, lakukan login internet banking BRI secara rutin minimal dua kali dalam seminggu.

8 comments:

sufyan Yaan said...

menu dropdownnya kok gak bekerja ya bang...navigasinya itu lho...mau eksplorasi gak bisa

Ridwan said...

Mungkin terpengaruh asynchronous, jadi ada delay, coba di refresh atau buka halaman lain pada popular post

cellcom said...

Alhamdulillah berhasil, terimakasih infonya, smoga sukes terus....

Ridwan said...

Sama-sama gan, Amin...

Ratna said...

Terimakasih banyak atas langkah2 yg ditunjukkan dan mudah dipahami. Sy juga mengalami hal yg sama, bolak balik terblokir, syukur menemukan blog ini

Unknown said...

Apakah ini beda dg yg dulu user id nya harus 15-23 angka itu kah , soal nya punya sy sdh di ubah yg awal nya 10 angka .masih sj sering terbelokir tiba" , gk jelas .capek ganti" Pasword terus !!

Ridwan said...

Coba diganti aja gan user id nya, kalo gak salah yang baru minimal 12 digit,

Unknown said...

.minta sarannya kak .. biar tidak terblokir terus soalnya aku masih pertama pakai internet bangking .. trima kasih kak