-->

Thursday, March 9, 2017

Cara Daftar Blog gratis di Blogger lewat HP Android

Perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan banyak kemudahan bagi kita untuk melakukan hal yang sebelumnya tidak bisa menjadi bisa dan mudah. Dulu untuk membuat sebuah Website atau blog hanya bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat desktop, tapi sekarang, kita bisa membuat blog hanya dengan menggunakan perangkat hp atau smartphone. Contohnya blog ini, saya buat dengan menggunakan smartphone Android, baik untuk menulis artikel, membuat gambar, edit gambar, sampai edit HTML pada tema (dulu namanya template). Semua saya kerjakan dengan smartphone Android.
Blogger Android

Banyak platform yang menyediakan layanan untuk membuat blog, seperti Blogger, Wordpress, Jomla dan Mywapblog. Namun, disini saya hanya akan menerangkan cara membuat blog gratis di Blogger / Blogspot lewat HP Android. Karena menurut saya Blogger adalah platform terbaik untuk membuat blog, selain 100% gratis, Blogger juga sangat mudah digunakan, sekalipun Anda seorang pemula. Buktinya saya sendiri adalah seorang blogger yang memulai ngeblog dari nol dan hanya mengandalkan Google sebagai tempat bertanya. Dan satu lagi, Blogger merupakan salah satu produk dari Google, rajanya dunia maya.

Sebenarnya hampir tidak ada perbedaan antara cara buat blog lewat HP dengan cara buat blog lewat desktop / laptop. Perbedaannya hanya soal email dari Gmail saja.

Kelebihan dan kekurangan Cara Membuat Blog di HP / smartphone Android.

  • Tidak perlu lagi membuat email, karena saya yakin setiap hp Android sudah punya akun Gmail yang dibuat ketika awal mulai mengoperasikan hp / smartphone Android anda untuk mengakses Play Store dan berbagai layanan dari Google. Namun, jika Anda belum sempat membuat akun Gmail, silahkan ikuti tutorial cara membuat akun Gmail di HP Android.
  • Yang jelas lebih hemat quota data internet, karena ukuran layar smartphone lebih kecil dibandingkan dengan desktop, sehingga tidak terlalu banyak menggunakan data internet dan tentunya lebih praktis.
  • Sedangkan untuk kekurangannya, mungkin hanya pada saat edit HTML, sedikit agak sulit, tapi tidak perlu khawatir karena saya punya solusinya, silahkan baca Cara edit HTML template di hp Android.

Berikut ini cara daftar Blogger lewat HP / smartphone Android.

1. Kunjungi situs www.blogger.com, setelah terbuka kemudian klik Buat Blog
Daftar Blogger lewat HP

2. Isi password atau kata sandi dari akun Gmail Anda, klik masuk.
Google email


3. Selanjutnya Anda disuruh untuk konfirmasi profil yang akan ditampilkan pada setiap post / artikel yang dipublikasikan. Jika Anda ingin profil Google+ yang ditampilkan maka langsung saja klik lanjutkan ke Blogger. Tapi, bila Anda ingin menggunakan indentitas lain seperti nama samaran, silahkan klik alihkan ke profil Blogger terbatas untuk mengatur profil yang akan ditampilkan.
Profil Blogger

4. Klik Buat Blog Baru
Buat blog baru

5. Pada jendela halaman baru, isi dengan judul blog dan alamat url blog.
Judul dan alamat blog

Judul : tulis judul blog sesuai keinginan Anda, sebaiknya singkat dan mudah diingat, kalau bisa sesuaikan dengan topik umum dari konten yang ingin Anda sajikan
Contoh :
Somad Blog's
Cara Somad
Somad Food

Alamat : tulis alamat blog yang nantinya akan menjadi alamat url blog Anda. Gunakan huruf kecil semua, jangan gunakan spasi, dan jangan gunakan tanda baca apapun kecuali tanda titik (.) dan tanda minus (-). Penggunaan angka juga diperbolehkan.
Contoh :
somadblog
somadblog77
cara-somad

Tunggu sampai proses selesai

  • Jika muncul tanda seru dengan background merah beserta tulisan "Alamat blog ini tidak valid atau tidak didukung". Itu artinya ada kesalahan penulisan, silahkan ganti.
  • Jika muncul tanda seru dengan background kuning beserta tulisan "Maaf, alamat tersebut tidak tersedia". Itu artinya alamat / url tersebut sudah dipakai oleh orang lain, silahkan ganti.
  • Jika muncul tanda centang beserta tulisan "Alamat blog ini tersedia". Itu artinya alamat / url tersebut bisa Anda gunakan.

Pilih tema / template yang ingin Anda gunakan. Pilih saja dulu tema Sederhana / Simple. Urusan tema bisa Anda ubah lagi di lain waktu.

"Atau mungkin Anda tertarik untuk menggunakan template Blogger yang sudah dimodifikasi menjadi responsive dan mobile friendly", Anda bisa lihat daftarnya DI SINI.

6. Klik Buat Blog.

Selamat, Anda sudah memiliki blog yang siap untuk diisi dengan artikel

Baca juga :
Cara login / masuk akun Blogger lewat HP Android

Cara daftar blog baru di Blogger

Untuk membuat blog baru, Anda tidak perlu lagi membuat akun Blogger baru. Cukup masuk ke Blogger, klik tanda panah di bagian kiri atas di samping judul blog, kemudian pilih Blog baru (paling bawah). Ikuti langkah selanjutnya seperti pada langkah nomor 5 di atas.

23 comments:

awakareem said...

saya. kurang ngerti di tema , jadi maksudnya tema buat dimananya?

Ridwan said...

Tema / template adalah wadah / kerangka situs yang menentukan desain web, mulai dari warna, ukuran, letak dan sebagainya. Tampilan situs yang beragam yang kita lihat di perangkat (desktop / seluler), itu dipengaruhi oleh desain tema / template.

Desi Putri Manoo said...

Gimana cara liat alamat blogger kita d android agar org lain bs follow blog kita?

Ridwan said...

Kalau untuk follower, dipasang gadget pengikut aja, caranya: masuk ke tata letak > tambah gatget (boleh di sidebar atau yang lainnya) trus pilih gadget pengikut. Atau pada statistik klik angka di samping "pengikut" dan ikuti petunjuk selanjutnya. Untuk melihat alamat url artikel caranya: pd menu postingan klik dan tahan tulisan "lihat" di bawah salah satu artikel, nanti akan muncul alamat url post beserta opsinya.

Unknown said...

Sangat membantu..

Cyan birdz said...

info yang sangat bermanfaat gan. jangan lupa kunjungi blog saya

http://yonbee.blogspot.com

Achmad said...

saya daftar
tpi tinggal yg terakir di minta pilih tema, bru saya klik, gk ada kelanjutannya\ pemberitahuan
sukses tw gmana, Itu saya musti gmana??,

Ridwan said...

Y emang ga ada pemberitahuannya mas, tugas selanjutnya buat artikel, caranya: pada menu Postingan klik Entri Baru,buat judul artikel, tulis artikel, kl sdh selesai klik Publikasikan. Atau kalau belum selesai Anda juga bisa simpan dulu artikelnya. Semoga bisa membantu

Unknown said...

info yang sangat bermanfaat👍

mari berkunjung ke blog sy http://zainikurik.blogspot.com

Unknown said...

Terima kasih info tutorialnya

Syn El-Yusuf said...

Sangat membantu. Terima kasih 😁😁

Ali Kurniawan said...

Sudah saya ikuti semua langkah di atas, tapi kenapa pas tahap akhir error, dicoba lagi hasilnya sama, tapi alamat blog yamg awal sudah sudah tidak bisa digunakan lagi. Kira- kira itu kenapa Mas dan apa solusinya?

Ridwan said...

Kemungkinan besar browser yang Anda gunakan tidak mendukung untuk mengakses Blogger. Coba buka pakai browser lain yang mendukung, misalnya Chrome atau Firefox. Untuk masalah alamat url blog, kemungkinan sudah terdaftar di akun Blogger Anda. Terima kasih semoga bisa membantu.

Ali Kurniawan said...

Benar Mas, tadinya saya daftar dengan UCbrowser dan barusan dicoba buka di Chrome ternyata bisa, dan semua alamat blog yang saya buat ternyata sudah terdaftar di akun blogger saya. Terima kasih banyak Mas informasinya

Berbagai Info said...

ini sangat bermanfaat bagi saya, kebetulan saya masih newbie. Makasih ilmunya

1.000.000 Pengunjung Website Dan Blog said...

Terima kasih infonya

Bb.L0N94_R17 said...

Terimakasih artkel ini sangat membantu sy, skrg sy sdh daftar blog....

Riyan said...

Ternyata mudah ya, cara buat blog lewat hp
Terima kasih Mas, sangat bermanfaat, semoga berkah

Ridwan said...

Sama-sama gan, Amin

Purwanto said...

Gan tutorial ini sangat membantu dan sudah saya terapkan dengan menggunakan hp untuk manulis di blog

RianBayu said...

Good jobb

JT Links said...

kalau tutorial begini, membuat blog lewat hp jadi lebih mudah. Terima kasih dah berbagi.

1.000.000 Pengunjung Website Dan Blog said...

Terima kasih infonya