Tuesday, April 24, 2018

20+ Template default Blogger Gratis (Responsive & fleksibel sidebar)

Pada umumnya sebuah template responsive akan kehilangan fitur layout / tata letak pada Desainer Tema. Kalaupun masih berfungsi, kemungkinan besar akan berpengaruh pada tampilan seluler.
Free Responsive Blogger Theme
Template Responsive & fleksibel Sidebar

Awalnya sih, saya ingin berbagi tutorial cara membuat responsive template default Blogger jilid kedua. Dimana saya ingin mengembalikan semua fitur pada Desainer Tema agar bisa berfungsi 100%, termasuk fitur tata letak untuk mengubah posisi sidebar.

Namun, belajar dari pengalaman yang lalu, mengingat banyaknya varian dari template bawaan Blogger, sangat sulit rasanya untuk membuat satu formula agar cocok diterapkan pada semua jenis template Blogger. Dan setelah dipikir-pikir lagi, daripada semua hasil eksperimen saya hilang tanpa bekas, lebih baik saya bagikan saja. Barangkali ada diantara teman-teman Blogger yang mau menggunakannya.

Sebelumnya saya ingin berterimakasih kepada Kang Adhy Suryadi, dimana konsep dasar dari semua template yang akan saya bagikan ini adalah hasil dari pengembangan metode yang saya dapat melaui tutorial-tutorial nya yang sangat luar biasa.

Metode
Ini berbeda dari metode yang pernah saya berikan. Lebar sidebar (mode desktop) dibuat tetap, hanya bagian tengah yang aktif bergerak agar menyesuaikan lebar layar. Dengan teknik ini memungkinkan kita untuk mengubah layout melalui fitur Desainer Tema yang sudah disediakan oleh Blogger.

Kelebihan

  • Posisi Sidebar fleksibel bisa diubah baik kanan, kiri, dua, atau tanpa Sidebar (1 column) dan akan tetap responsive.
  • Cocok digunakan untuk menempatkan iklan display baik responsive maupun non-responsive.


Berikut daftar template default Blogger Responsive & fleksibel

Yang lainnya menyusul

3 comments:

Ali Kurniawan said...

Ditunggu update template gratis nya Mas,

Akky Design said...

please write article how to create simple safelink blogger template just like :- https://www.o-safelink.ga/

Ridwan said...

Sorry, I don't know how to explain it, it's too complicated to write. Maybe next time