-->

Thursday, October 11, 2018

Pengalaman Verifikasi Identitas Akun Adsense lewat HP Android

Kali ini saya hanya ingin share pengalaman tentang verifikasi identitas akun Google Adsense lewat HP Android. Barangkali ini bisa bermanfaat bagi sobat Blogger khususnya para Blogger Android alias Blogger cuma modal Hp Android yang sedang bingung terkait masalah verifikasi identitas.

Cara verifikasi Identitas Google Adsense

Setelah penghasilan pada dasbor Adsense mencapai ambang batas verifikasi PIN, yaitu sekitar ±$10 USD atau ±Rp.150.000-,. Google Payments mengirim pesan email yang intinya
bahwa, agar bisa menerima pembayaran kita harus melakukan verifikasi identitas dengan meng-upload gambar tanda pengenal resmi yang masih berlaku, bisa KTP, SIM, atau Paspor. Dan ini datangnya berbarengan dengan notifikasi verifikasi PIN Adsense.

Awalnya sempat bingung, karena dari berbagai informasi yang saya ketahui sebelumnya, verifikasi identitas hanya dilakukan jika proses verifikasi PIN gagal dilakukan. Tapi ya saya mencoba untuk mengikuti saja apa yang diminta oleh Google.

Kemudian saya coba Googling terkait masalah verifikasi identitas menggunakan HP Android, dan berikut adalah beberapa poin yang saya dapatkan:

  1. Nama dan alamat harus disamakan terlebih dahulu dengan data yang ada pada kartu identitas yang akan diupload.
  2. Dokumen foto identitas yang dikirim harus jelas, bisa dibaca, utuh dan tidak terdapat pantulan cahaya.
  3. Disarankan menggunakan aplikasi scanner untuk mengambil foto KTP.


Setelah semuanya disiapkan, saya langsung coba untuk menyelesaikan proses verifikasi identitas Adsense dengan mengunggah foto KTP hasil scan. Namun, yang bikin saya bingung, setiap kali saya klik tombol "Unggah ID foto", tidak ada satupun foto yang ada pada galeri HP Android saya yang muncul. Dicoba dan dicoba lagi hasilnya sama, yang ada cuma ikon mirip obat nyamuk yang muter-muter tak kunjung selesai.

Dalam hatiku bertanya, ini HP saya yang terlalu jadul atau memang harus menunggu verifikasi PIN dahulu. Karena sudah merasa capek akhirnya saya biarkan saja.

45 hari kemudian
Setelah 45 hari, datang lagi email serupa dari Google Payments dan muncul notifikasi baru di dasbor Adsense yang menyatakan bahwa "Tayangan iklan dihentikan karena Anda belum menyelesaikan proses verifikasi identitas".

"Wah, apakah ini kebijakan baru Google bagi setiap pemilik akun Adsense baru, agar setiap individu tidak bisa memiliki akun Adsense lebih dari satu. Sepertinya Google sadar betul, memiliki akun lebih dari satu sangat berpotensi untuk melakukan kecurangan. Dan kebijakan ini diterapkan untuk meminimalisir penyalahgunaan akun Adsense."

Setelah menerima pemberitahuan tersebut, saya langsung mencoba lagi untuk mengunggah foto KTP. Tapi ya hasilnya sama saja, tidak ada satupun foto yang bisa di Upload.

Disini saya mulai piknik eh maksudnya panik. Kenapa ini? Apa jangan-jangan emang Android versi 5 tidak mampu untuk mengerjakan tugas ini. Apa iya musti verifikasi identitas lewat warnet.

Sejenak berpikir kemudian dapatlah ide, kenapa tidak coba pakai browser lain, siapa tahu bisa untuk upload foto ke Google.

Dan ternyata benar, setelah dicoba menggunakan Firefox, muncul juga beberapa opsi, termasuk "Galeri" dimana tersimpan foto KTP yang sudah saya persiapkan dari dulu.

Setelah pilih foto, kemudian saya klik tombol "Konfirmasi Informasi" dan Alhamdulillah, akhirnya bisa juga upload foto KTP ke Google menggunakan HP Android.
Verifikasi Adsense dengan KTP

Dan setelah dua hari menunggu, akhirnya datang juga email dari Google Payment yang menyatakan bahwa verifikasi identitas gagal, dengan alasan "Foto dokumen buram". Prettt.
Foto dokumen buram

Waduh, kenapa lagi ini, padahal sudah dibela-belain pakai aplikasi, ko bisa dibilang buram. Tapi tak apalah, kan masih punya dua kesempatan lagi.

Upload foto KTP kedua
Pada upload foto KTP yang kedua, hanya sekitar lima menit saja, Google Payments langsung memberikan jawaban melalui email-nya, dan menyatakan bahwa "Verifikasi identitas berhasil".
Verifikasi KTP berhasil

Sekedar informasi, untuk upload foto KTP yang kedua kalinya. Saya menggunakan opsi "Kamera" untuk mengambil gambar KTP secara langgsung, dengan melakukan beberapa trik sederhana yang pastinya bisa Anda lakukan dengan mudah. Silahkan baca tips mengambil foto KTP untuk keperluan verifikasi identitas Adsense agar mudah disetujui.

Catatan:

  1. Verifikasi identitas wajib dilakukan bagi pemilik akun Adsense baru, dan tidak ada kaitannya dengan pin Adsense yang gagal diverifikasi. Baiknya Anda baca, alasan kenapa PIN Adsense lambat / tidak datang.
  2. Jika dalam 45 hari Anda gagal, belum atau tidak melakukan verifikasi identitas, tayangan iklan akan dihentikan sementara sampai Anda berhasil melakukan proses verifikasi identitas.
  3. Google tidak akan menerima identitas yang habis masa berlakunya meskipun itu masih dianggap berlaku oleh pemerintah (sumber dari beberapa postingan di grup media sosial).
  4. Jika Anda mengalami kesulitan saat meng-upload foto identitas menggunakan smartphone Android, cobalah update browser ke versi terbaru (jika tersedia), atau gunakan browser lain untuk melakukan tugas tersebut.

9 comments:

Abiabang said...

Ektp indonesia ada masa berlaku,walaupun pemerintah (lewat depdagri) berlaku seumur hidup..apkh diterima oleh Google

Ridwan said...

Ga masalah selama masa berlakunya belum habis, tapi kalau sudah lewat, mending pakai yang lain (mis. SIM), karena setahu saya Adsense belum punya kantor di Indonesia, jadi yang memverifikasi orang asing, dan besar kemungkinan mereka tidak tahu dengan kebijakan negara kita.

Abiabang said...

oke trmks infonya..baiknya pakai SIM aja yah atau passport biar lebih internasional identity.

Ridwan said...

Sepertinya sama saja gan, yang penting masih berlaku,

Ellawithbianza said...

Kalau sudah verifikasi identitas trus gimana lagi mas? Apa pin akan datang ke rumah dengan sendirinya atau kita yang minta.

Ridwan said...

Tinggal nunggu nanti kalau sudah datang dianterin ke rumah sama pak pos, tapi kalau ga sabar ya datang saja ke kantor pos, nanya di bagian pengiriman (sama pak pos nya)

Safiqriansyah said...

Bang, klo verifikasi identitas sudah berhasil itu ngapain lagi? Tinggal nunggu pin? Apa selama pin belum datang dah sudah berhasil verifikasi identitas ini iklan gabisa mundul? Soalnya iklan saya gabisa muncul bang dalam masa ini.

Safiqriansyah said...

Setelah berhasil verifikasi identitas itu tinggal tunggu pin ya bang? Tapi kenapa iklan saya masih gabisa muncul ya? Padahal verifikasi identitas udah berhasil :(

Ridwan said...

Dari pengalaman saya pribadi, selang beberapa jam setelah berhasil verifikasi identitas iklan kembali tayang