-->

Wednesday, August 15, 2018

Memasang Dua Unit Iklan Berbeda untuk Seluler & Desktop di Akhir Postingan

Penempatan iklan dibawah postingan atau tepat di akhir artikel merupakan salah satu strategi yang cukup ampuh untuk menarik perhatian pengguna situs sekaligus meningkatkan peluang klik iklan yang tentunya akan meningkatkan penghasilan kita sebagai penayang. Karena pada umumnya setelah selesai membaca, para pengguna akan mencari informasi lanjutan yang ada di dalam situs.

Hal itu tentunya bisa menjadi peluang bagus untuk menaruh unit iklan di akhir postingan. Dan menurut saya, dari sekian banyak jenis iklan yang tersedia di Adsense, unit iklan tautan dan konten yang sesuai bisa jadi alternatif terbaik untuk mengisi ruang di bawah postingan. Meskipun nilai BPK nya relatif imut dan bahkan cenderung amit", tapi keduanya termasuk unit iklan yang paling potensial mendapatkan banyak klik.

Namun, kita juga harus realistis, tidak mungkinlah keduanya kita pasang ditempat yang sama. Terlalu banyak iklan juga bisa membuat pengunjung situs tidak nyaman dan tentunya mempengaruhi kecepatan waktu muat situs.

Tapi, jika memang Anda ingin menaruh kedua unit iklan tersebut di bawah postingan. Anda bisa mengakalinya dengan membagi kemunculannya berdasarkan perangkat yang digunakan pengunjung.

Memasang iklan di bawah postingan

Berikut cara memasang dua unit iklan dibawah / di akhir postingan berdasarkan perangkat pengguna (seluler dan desktop).

1. Letakkan kode berikut tepat di atas kode <div class='post-footer'>, yang ada di dalam <b:includable id='post' var='post'>....</b:includable>
<b:if cond='data:blog.pageType not in {&quot;index&quot;,&quot;archive&quot;,&quot;error_page&quot;}'>
<b:if cond='data:blog.isMobileRequest == &quot;true&quot;'>
<!-- Iklan Seluler -->

<b:else/>
<!-- Iklan Desktop -->

</b:if>
</b:if>

2. Buat unit iklan tautan responsif, kemudian letakkan kode iklan di bawah <!-- Iklan Seluler -->

3. Buat unit iklan konten yang sesuai (jika blog memenuhi syarat) atau unit iklan lainnya, kemudian letakkan kode iklan di bawah <!-- Iklan Desktop -->

4. Simpan Tema / Template, setelah beberapa menit, cobalah kunjungi salah satu halaman postingan Anda pada mode seluler maupun desktop untuk melihat hasilnya.

Catatan:

  1. Iklan tersebut hanya akan tampil pada halaman item (artikel tunggal) dan tidak akan muncul di halaman beranda, arsip, dan halaman error.
  2. Jadikan ini sebagai eksperimen untuk melihat unit iklan mana yang lebih efektif meningkatkan pendapatan Anda.

3 comments:

bimahartono said...

Thank you, Mr. Ridwan, very good article.

Ridwan said...

Sama-sama Bang,

Jeprat said...

Bermanfaat banget ilmunya bang.
Semoga sukses selalu