-->

Thursday, August 30, 2018

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Proses index rata-rata untuk setiap artikel baru, normalnya bisa memakan waktu berhari-hari, bahkan mungkin bisa lebih lama. Mesin perayap Google (Googlebot) secara berkala melakukan perayapan ulang situs web yang ada di seluruh dunia untuk memperbaharui informasinya.
Agar artikel terindex Google

Meskipun proses perayapan sebuah situs hanya memakan waktu beberapa detik atau bahkan milidetik, namun karena banyaknya jumlah situs yang ada, membuat artikel baru semakin lama muncul pada hasil indeks Google penelusuran.

Sebagai salah satu mesin pencari terkemuka di dunia. Google sangat memahami hal itu. Untuk itu Google menyediakan alat cerdas untuk membantu semua kebutuhan pemilik web untuk memaksimalkan kinerja situs terhadap mesin pencari Google, termasuk untuk mempercepat proses index artikel baru.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar artikel cepat terindex Google pencarian dalam hitungan menit setelah dipublikasikan.

1. Daftarkan situs ke Google Webmasters Tools (Search Console)
Untuk memaksimalkan kinerja situs web terhadap mesin pencari Google, pastikan Anda sudah menambahkan properti situs Anda di Google Search Console. Pelajari cara mendaftarkan situs ke Google Webmasters

2. Kirim peta situs
Layaknya halaman daftar isi blog yang fungsinya untuk membantu pengguna dalam menjelajahi seluruh isi situs. Peta situs / Sitemap lebih diperuntukkan guna membantu mesin perayap menjangkau seluruh bagian dalam situs web dengan lebih cepat dan cerdas.

3. Pastikan file robot.txt tidak mencekal Googlebot untuk merayapi halaman situs Anda.
Setelan default file robot.txt pada Blogger mengijinkan semua bot perayap termasuk Googlebot untuk merayapi semua halaman situs kecuali halaman search. Jika Anda tidak melakukan perubahan apapun di dalamnya, bisa dipastikan setiap postingan anda dapat dirayapi dan di indeks mesin pencari Google.

4. Memanggil Googlebot untuk merayapi artikel yang baru dipublikasikan
Agar artikel / postingan baru cepat terindeks di Google penelusuran, sebaiknya Anda lakukan hal berikut setiap kali selesai memposting artikel baru.

Sebelum memulai, untuk meminimalisir resiko kesalahan saat memasukkan URL, ada baiknya Anda copy / salin terlebih dahulu url artikel yang baru Anda publikasikan.

  1. Buka Google Search Console, pilih properti situs
  2. Pada menu sebelah kiri pilih "Perayapan", kemudian klik "Fetch as Google" (Ambil sebagai Google)
    Fetch as Google
  3. Paste atau tempel url artikel baru pada kotak yang tersedia, kemudian sesuaikan. Contoh https://bakuloreg.blogspot.com/2018/08/agar-artikel-cepat-di-index-google.html menjadi 2018/08/agar-artikel-cepat-di-index-google.html
  4. Klik tombol "Ambil"
  5. Selanjutnya klik "Minta Pengindeksan"
  6. Lewati reCaptcha
  7. Selanjutnya, pilih salah satu opsi "Rayapi URL ini saja" atau "Rayapi URL ini beserta link langsungnya"
  8. Klik "Kirim"
  9. Selanjutnya ubah mode permintaan indeks dari "Desktop" menjadi "Ponsel cerdas"
  10. Masukkan url tadi kemudian tambahkan ?m=1 dibelakangnya, misal: 2018/08/cara-agar-artikel-cepat-terindeks-di-google.html?m=1
  11. Klik "Ambil" dan lakukan lagi seperti langkah 5 sampai 8

8 comments:

Ali Kurniawan said...

Thanks gan, sangat bermanfaat dan efektif.
Tapi apakah harus selalu ambil kedua versi url tiap kali posting artikel baru?

Ridwan said...

Gak harus sih, tapi untuk hasil lebih maksimal gak ada salahnya, mengingat Google memiliki perayap yang berbeda untuk kedua versi, buktinya posisi hasil index pada versi seluler tidak selalu sama dengan versi desktop

Unknown said...

Gan Kalo untuk pengindexan url yg diluar webmaster seperti link lain yg tidak bisa terverify google webmaster gmn cara agar cepat terindex, dulunya kan ada fitur google submit url,, setelah dihilangkan alternatif apa untuk mengganti google submit url .apa ada cara lain?? Mohon pencerahan

YaMimpih! said...

Sangat bermanfaat. Terima kasih infonya pak!

Ridwan said...

Yang saya tahu pakai alat Ping untuk memberi sinyal pada semua mesin perayap termasuk Google, contohnya pingler

airtech ac said...

mudah mudahan artikel saya cepat terindeks pakai cara diatas. thanks info nya gan

kasby furniture said...

thanks bro, manfaat banget

bagi pengalaman said...

mantab infonya, bisa learning banyak