-->

Wednesday, July 11, 2018

Tips Agar Permohonan Adsense Mudah Diterima Sepenuhnya

Adsense merupakan program periklanan yang dikelola oleh Google Inc. Dengan Adsense para konten kreator bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan baik di situs web, video, maupun aplikasi.

Program ini gratis, siapa saja boleh ikut daftar, dengan catatan Anda sudah berusia lebih dari 18 tahun, punya akun Gmail dan memiliki konten (Website / blog, Chanel YouTube, atau Aplikasi) untuk dimonetize atau dikomersilkan.

Namun, untuk mendapatkan persetujuan menjadi publisher / penayang Adsense tidaklah mudah, ada beberapa kebijakan khusus terkait konten yang harus dipatuhi bagi para pemohon akun Adsense. Ada baiknya Anda pelajari baik-baik semua kebijakan program Adsense.

Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya selama mengikuti proses pendaftaran untuk menjadi publisher Adsense, dengan harapan bisa membantu bagi para konten kreator khususnya Blogger yang sedang berjuang untuk mendapatkan persetujuan akun Adsense.
Disetujui sepenuhnya oleh Google Adsense

Berikut beberapa tips agar Blog / web di terima Adsense sepenuhnya.

1. Buatlah artikel dengan tema yang unik

Tulislah sesuatu yang dekat dengan Anda berdasarkan pengamatan, pengalaman, atau pengetahuan Anda, bukan dari hasil membaca dari situs lain. Dengan cara seperti ini, sangat memungkinkan untuk menghasilkan konten original yang unik, bukan konten pasaran yang bisa ditemukan di situs lain dalam jumlah yang sangat besar. Kecuali Anda bisa memberikan nilai lebih untuk membuat situs Anda berbeda dengan yang lainnya. Itupun peluangnya tipis, butuh banyak artikel.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut yang menggambarkan dua blog saya yang sudah di aprove Google Adsense. Keduanya sama-sama menggunakan platform Blogger dan masih sub domain (blogspot)


Bakul OregInfo Garing
Umur2 Tahun1 Bulan
Jumlah post80 Artikel3 Artikel
TemplateTemplate Default Blogger (Responsive Simple 1)Template Default Blogger (Responsive Simple 3)
Halaman pelengkapSitemap, Contact, Privacy Policy-
Tema kontenBlogging dan info umum (cenderung pasaran, hanya mengandalkan nilai lebih)Informasi unik (mungkin tidak ada duanya)
Metode penulisanOriginal, rewrite100% Original
Trafik organikLumayanlah ada yang nyariHampir mendekati nol
"Kondisi di atas adalah ketika blog diterima Adsense"

Dari data pada tabel di atas bisa disimpulkan bahwa

  1. Agar mudah diterima Adsense, sebaiknya gunakan Blog khusus yang memang sudah dipersiapkan segala sesuatunya dari awal.
  2. Konten unik lebih berpeluang ketimbang konten pasaran, meskipun lebih banyak yang mencarinya.
  3. Jika memungkinkan, gunakan domain TLD untuk mendapatkan akun Adsense non-hosted agar iklan bisa dipasang di situs manapun yang kita inginkan tanpa harus melalui proses peninjauan.


2. Pastikan Anda memiliki hak komersial atas semua properti gambar yang ada di dalam Blog

Google Adsense sangat menghargai hak cipta, termasuk masalah gambar. Jadi, jangan sembarangan mengambil gambar dari situs lain maupun dari hasil pencarian di Google untuk menghiasi artikel maupun Blog Anda. Usahakan untuk menggunakan gambar milik sendiri.

Jika Anda malas membuatnya, carilah gambar gratis dengan lisensi bebas untuk dikomersilkan dari situs penyedia gambar. Pelajari cara mendapatkan gambar gratis yang aman untuk Adsense.

3. Gunakan template dengan tampilan sederhana

Adsense lebih menyukai tampilan situs yang sederhana. Selain lebih ringan, tampilan sederhana juga membuat keberadaan iklan lebih menarik perhatian

Hindari penggunaan template blog yang terlalu atraktif. Karena hal itu akan membuat iklan tenggelam (kurang mendapat perhatian). Dan template seperti itu biasanya terlalu berat untuk dimuat.

Saya pribadi lebih memilih untuk menggunakan template standar yang sudah disediakan Blogger. Karena saya rasa apa yang disediakan Blogger sudah pasti suport untuk menayangkan iklan Adsense. Karena keduanya sama-sama produk Google. Jika Anda tertarik, silahkan lihat daftar template default Blogger responsive.

4. Kelengkapan situs

Tambahkan widget yang memudahkan pengguna untuk terus menjelajahi situs lebih lama. Misalnya, widget popular posts, arsip, dan menu halaman.

Jika Anda mendaftar untuk akun Adsense non-hosted. Anda wajib melengkapi situs dengan halaman kebijakan pribadi (privacy policy) yang mengungkapkan masalah penggunaan cokie. Dan lengkapi juga situs Anda dengan halaman kontak. Pelajari cara membuat contact form Blogger pada halaman statis.

5. Buat Adsense lebih mudah memahami situs

Daftarkan situs di Google search console (Webmasters Tools) dan kirim peta situs untuk memudahkan bot Google merayapi semua halaman yang ada dalam situs. Dengan begitu Adsense bisa lebih cepat memahami isi situs Anda. Pelajari cara daftar dan verifikasi situs di Google Webmasters Tools.

5. Jangan hanya mengandalkan satu blog

Ibarat orang mancing, makin banyak kail, makin besar peluang untuk mendapatkan hasil. Begitu juga untuk mendapatkan akun Adsense.

Saya sendiri mendaftarkan empat blog, dua diantaranya sudah diterima, satu masih ngambang t-@-i (ditolak tanpa ada penjelasan) dan satunya lagi sudah saya hapus.

6. Do'a

Sekecil apapun persentasenya, yang namanya faktor keberuntungan pasti ikut berperan dalam setiap keberhasilan. Jadi, banyak-banyak berdoa kepada Tuhan agar Anda termasuk orang yang beruntung.

Itulah beberapa tips sederhana agar blog mudah diterima Google Adsense. Sekiranya ada kurang atau salah mohon dimaklumi.

Catatan:

  1. Sebelum mendaftar Adsense, sebaiknya Anda pelajari lebih dulu kebijakan program Adsense terkait konten yang dilarang. Anda bisa menemukannya pada artikel bantuan Adsense.
  2. Jika Anda mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk berkonsultasi langsung di forum resmi Adsense. Disana banyak pakar yang siap membantu untuk mereview dan memberikan solusi atas semua masalah yang Anda hadapi.
  3. Pelajari lebih dalam terkait masalah konten tidak memadai.

2 comments:

Catatanmager said...

trimakasih banyak mas infonya sangat bermanfaat sekali..

Ridwan said...

Sama-sama gan,