-->

Tuesday, July 17, 2018

Memindahkan Unit Iklan main_Blog1 kedalam Artikel untuk Meningkatkan Keterlihatan

Tingkat Keterlihatan unit iklan Adsense main_Blog1 pada halaman item (artikel / postingan) sangatlah kecil. Apalagi jika artikel tersebut memiliki banyak komentar, posisinya akan semakin kebawah dan kemungkinan dilihat akan semakin kecil. Kalau sudah begitu, boro-boro dapat klik, dilihat saja mungkin tidak.

Untuk meningkatkan persentase tampilan aktif terlihat dari unit iklan main_Blog1 khususnya pada halaman item. Kita bisa melakukannya dengan memindahkan Unit iklan ini ke dalam postingan. Bisa di bawah judul postingan, atau di akhir postingan.

Dengan cara seperti itu, tingkat keterlihatan unit iklan main_Blog1 semakin tinggi, dan kemungkinan untuk mendapatkan klik semakin besar.

Berikut cara memindahkan / memasang unit iklan (main_Blog1) di bawah judul postingan / artikel, atau diakhir postingan

1. Masuk Edit HTML template, kemudian cari kode seperti di bawah ini (letaknya di dalam <b:includable id='main' var='top'>....</b:includable>)
<b:if cond='data:post.includeAd'>
2. Hapus, kemudian ganti dengan kode berikut
<b:if cond='data:post.includeAd and data:blog.pageType in {&quot;index&quot;,&quot;archive&quot;}'>
3. Salin kode HTML di bawah ini

<!-- Ad -->
<b:if cond='data:post.includeAd and data:blog.pageType not in {&quot;index&quot;,&quot;archive&quot;,&quot;error_page&quot;}'>
  <div class='inline-ad'>
    <data:adCode/>
  </div>
</b:if>

4. Tempatkan kode tersebut sesuai pada gambar di bawah, pilih salah satu saja ya (lokasi kode ada di dalam <b:includable id='post' var='post'>....</b:includable>)
Cara pasang iklan dibawah judul postingan

5. Simpan Tema / Template

6. Aktifkan kembali unit iklan main_Blog1

Langkah ini dilakukan karena berdasarkan pengalaman saya, setiap kali melakukan Edit pada HTML template, unit iklan main_Blog1 otomatis menghilang / non-aktif dengan sendirinya.

Buka Tata Letak (layout) >> klik Edit pada bagian Blog Posts (gadget posting blog) >> beri centang pada kotak kecil disebelah tulisan "Tampilkan iklan di antara postingan" >> Simpan.

Baca juga, Cara Membuat Space Iklan di samping Judul Blog

Catatan:
Cara di atas hanya untuk memindahkan posisi iklan pada halaman postingan. Dan untuk halaman beranda dan sejenisnya, posisi iklan masih tetap seperti yang dulu.

2 comments:

bimahartono said...

Jempol boss,artikel cara memindahkan iklan ke dalam artikel. tetapi apakah ada dampaknya jika nanti ganti template seperti hilang halaman karena modifikasi ini. terimakasih.salam my blog bimahartono

Ridwan said...

Belum pernah nyoba gan, tapi perkiraan saya, tidak ada dampaknya pada artikel, paling posisi unit iklan main_Blog1 balik lagi ke semula