-->

Monday, February 5, 2018

Alasan Kenapa Baterai Smartphone Cepat Habis

Mungkin Anda sekarang sedang bingung, kenapa baterai smartphone Anda cepat habis padahal baru dipakai sebentar? Jangan bingung apalagi khawatir, ada banyak solusi sederhana untuk menghemat baterai ponsel agar bisa bertahan lebih lama.
Baterai cepat habis
Gambar By pixabay.com

Smartphone masa kini dirancang dengan tampilan yang luar biasa canggih dan dapat menjalankan berbagai aplikasi dalam satu proses. Spesifikasi smartphone yang tinggi, jika tidak diimbangi dengan kapasitas daya baterai yang besar tentu akan lebih cepat kehabisan baterai.

Meskipun smartphone kini banyak yang sudah dibekali dengan daya baterai yang cukup besar, namun jika tidak dilakukan upaya pencegahan agar penggunaan baterai tidak boros, tetap saja baterai smartphone akan cepat habis.

Jika tersedia, memilih setelan hemat baterai pada opsi ultra hemat baterai dengan hanya mengaktifkan fitur dasar smartphone (panggilan dan SMS) bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menghemat baterai.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab mengapa baterai smartphone cepat habis.

Layanan Lokasi Menyala
Perlu Anda ketahui bahwa ketika layanan lokasi menyala, maka smartphone akan terus menerus melakukan deteksi lokasi, dan aktivitas itu tentunya membutuhkan daya baterai yang lumayan besar jika layanan lokasi menyala setiap waktu. Jangan khawatir, kamu bisa mematikan fitur ini melalui Setelan > Lokasi.

Aktifkan layanan Lokasi hanya ketika dibutuhkan, misalnya saat menggunakan aplikasi yang membutuhkan data lokasi Anda, seperti Aplikasi Google Maps.

Sinkronisasi Otomatis Aplikasi Google
Sinkronisasi otomatis memungkinkan aplikasi untuk melakukan pembaharuan data secara otomatis. Menonaktifkan sinkronisasi pada aplikasi tertentu yang tidak dibutuhkan bisa mengurangi penggunaan daya baterai.

Untuk menonaktifkan sinkronisasi otomatis pada aplikasi Google tertentu, anda bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Buka Setelan pada smartphone anda
  2. Klik Akun, jika Anda memiliki lebih dari satu akun Google, klik pada akun Gmail yang anda inginkan.
  3. Buang tanda centang untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak ingin disinkronkan secara otomatis.

Sinyal Lemah
Maksudnya adalah ketika smartphone berada di lokasi dengan kekuatan sinyal yang tidak stabil atau cenderung lemah, perangkat bekerja lebih keras untuk tetap terhubung dengan jaringan dan tentunya menyedot daya baterai yang lebih besar. Sebagai gambaran, melakukan panggilan telepon saat berkendara (misalnya di dalam mobil) akan lebih cepat menghabiskan baterai smartphone ketimbang melakukan panggilan normal.

Mengaktifkan mode pesawat ketika berada di luar dijangkauan atau jaringan seluler yang kurang bagus, bisa menjadi solusi untuk menghemat baterai.

Tampilan yang sungguh Ter-la-lu...
Beberapa contoh setelan tampilan smartphone yang bisa membuat baterai smartphone cepat habis:

  1. Tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi bisa menjadi penyebab cepat terkurasnya daya baterai smartphone. Usahakan atur tingkat kecerahan layar pada level rendah, dan yang terpenting masih nyaman dilihat mata. Atau memilih mode auto untuk kecerahan layar menyesuaikan intensitas cahaya sekitar.
  2. Animasi live wallpaper memang membuat tampilan smartphone menjadi lebih hidup dan keren tentunya. Tapi perlu Anda ketahui, animasi live wallpaper sangat menguras baterai smartphone. Ada baiknya hindari menggunakan animasi live wallpaper.
  3. Setelan waktu tidur smartphone yang terlalu lama juga bisa menjadi biang boros baterai. Mengatur setelan waktu tidur smartphone lebih singkat bisa mengurangi pemakaian daya baterai.
  4. Hp kunang-kunang atau smartphone dengan lampu LED notifikasi menyala.

Aktivitas Aplikasi di latar belakang
Aplikasi sosial media, seperti Twitter dan Facebook, biasanya akan selalu melakukan pembaharuan informasi melalui aktivitas di latar belakang meskipun aplikasi tersebut sedang tidak digunakan. Aktivitas tersebut tentunya membutuhkan tenaga baterai. Untuk aplikasi yang sering digunakan, kita hanya bisa pasrah, sedangkan untuk aplikasi yang memang tidak dibutuhkan, Anda bisa memilih untuk memaksa berhenti agar aplikasi tersebut berhenti sepenuhnya, atau memilih untuk uninstall aplikasi tersebut.

Periksa update aplikasi yang terkadang menyertakan perbaikan pada masalah pemakaian baterai yang boros oleh aplikasi tersebut.

Konektivitas
Ketika sambungan WI-FI atau Bluetooth aktif, secara otomatis smartphone akan terus melakukan deteksi untuk mencari perangkat aktif disekitarnya. Beberapa tips berikut bisa Anda lakukan untuk memperkecil penggunaan baterai saat menggunakan WI-FI atau Bluetooth.

  1. Atur agar WI-FI nonaktif saat ponsel tidur / layar mati.
  2. Aktifkan mode pesawat saat sambungan WI-FI terkoneksi dengan jaringan.
  3. Jangan lupa matikan sambungan WI-FI atau Bluetooth setelah selesai digunakan.

Menghapus Cache Aplikasi
Jika Anda berpikiran bahwa menghapus cache aplikasi dapat menghemat baterai. Itu adalah pandangan yang keliru. Justru ketika cache aplikasi dihapus, smartphone harus bekerja ekstra keras (hard reeboot) ketika aplikasi tersebut akan digunakan lagi. Ibaratnya seperti lari tanpa awalan, butuh tenaga besar untuk memulai.

Game dan Video
Saat bermain game atau menonton video hampir semua fungsi smartphone dijalankan, mulai dari layar, suara, atau bahkan mungkin sambungan internet. Semua aktif bekerja terus-menerus tanpa henti. Dan bisa dipastikan tenaga baterai yang digunakan sangat banyak. Terlalu lama aktivitas tersebut dilakukan, maka semakin cepat menghabiskan baterai smartphone.

Malware
Jika semua upaya penghematan di atas sudah dilakukan, namun hasilnya masih tetap saja baterai HP cepat habis. Perlu Anda waspadai kemungkinan adanya Malware pada salah satu atau beberapa aplikasi yang terpasang. Segera lakukan beberapa langkah berikut.

  1. Gunakan aplikasi untuk mendeteksi malware ataupun virus
  2. Bersihkan virus atau malware yang terdeteksi, atau
  3. Hapus aplikasi yang terindikasi memiliki Malware.

Baca juga: Cara Mencegah dan Mengatasi Malware, Adware, dan Virus di Android

Kira-kira itulah beberapa faktor yang menyebabkan baterai ponsel cepat habis. Apabila semuanya sudah dilakukan, tetapi baterai smartphone masih cepat habis juga. Mungkin sudah waktunya untuk mengganti baterai smartphone Anda dengan yang baru.

No comments: