-->

Tuesday, January 23, 2018

Cara Mengubah Letak Judul Widget agar di Tengah

Membuat judul widget pada Blog menjadi rata tengah atau center mungkin bukanlah sesuatu yang rumit bagi Anda yang telah lama mengenal HTML dan CSS. Namun tidak bagi mereka yang baru mulai belajar tentang desain web, hal ini bisa terasa begitu sulit. Untuk itu saya berpikir bahwa tulisan ini mungkin akan berguna bagi Anda yang masih pemula.
Judul widget ditengah

Untuk mengubah letak judul widget agar di tengah, lakukan langkah berikut:

  1. Masuk ke Edit HTML pada template blog yang ingin Anda edit.
  2. Salin dan letakkan kode CSS berikut di atas kode ]]></b:skin> atau </style>.
    div.widget > h2 {text-align: center;}
  3. Simpan Tema / Template.

Keterangan:
Dengan menambahkan kode CSS di atas pada template blog Anda, secara otomatis semua judul widget posisinya akan berada ditengah, pada semua ukuran layar pengguna.

Letak alternatif lain
Pada template responsive, umumnya penempatan judul widget di tengah sidebar, footer , atau element blog lainnya diterapkan pada saat Blog dibuka di perangkat seluler. Dimana lebar semua element menjadi 100% (full screen). Tapi itu bukanlah sesuatu yang baku, karena selera orang berbeda-beda.

Jika Anda ingin judul widget Blog berada di tengah saat dijalankan pada perangkat seluler saja. Maka letakkan kode tersebut di dalam @media. Untuk besarnya lebar media Anda perkirakan saja sendiri.

Contoh
@media screen and (max-width:600px) {
div.widget > h2 {text-align: center;}
}

Keterangan:
Pada contoh di atas, judul widget akan berada ditengah hanya bila blog dibuka pada perangkat dengan lebar resolusi layar 600px dan di bawahnya.

Masih seputar widget Blog

No comments: