-->

Wednesday, January 17, 2018

Cara Menghapus Riwayat & Kontrol Aktivitas pada Histori Google

Tahukah Anda jika data riwayat penjelajahan / browsing selain disimpan pada cache perangkat komputer / seluler, data tersebut juga disimpan di dalam histori Google.

Di sana kita bisa menemukan kembali semua aktivitas kita di seluruh layanan Google, seperti kata kunci yang pernah ditelusuri pada aplikasi maupun browser, situs web yang pernah dikunjungi, aplikasi yang pernah diunduh, video YouTube yang pernah kita lihat, dan lainnya.

Google aktivitas menggunakan data aktivitas akun kita untuk menganalisis pola penggunaan, mempelajari hal-hal yang kita sukai, dan selanjutnya digunakan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, cepat, dan cerdas.

Kita juga bisa dengan mudah menghapus semua data riwayat penjelajahan atau hanya menghapus sebagian item yang terkait dengan kata kunci tertentu saja. Termasuk juga mengontrol aktivitas tertentu dari layanan Google agar tidak disimpan pada histori Google.

Seperti apa yang tertulis pada judul artikel di atas, disini saya ingin menjelaskan cara menghapus riwayat penjelajahan pada histori Google.

Silahkan kunjungi history.google.com untuk melihat semua riwayat aktivitas akun Anda.

Menghapus item tertentu

  • Klik tombol titik tiga pada riwayat aktivitas akun yang ingin dihapus
    Hapus salah satu aktivitas Google
  • Klik Hapus


Menghapus beberapa item dari riwayat aktivitas akun yang terkait kata kunci tertentu

  • Klik ikon pencarian, kemudian masukkan kata kunci terkait aktivitas akun yang ingin Anda cari, klik enter / cari. Di sini Anda juga bisa menambahkan filter pencarian berdasarkan tanggal dan layanan produk terpilih saja.
    Hapus beberapa riwayat pada Google aktivitas
  • Klik tombol menu titik tiga, pilih Hapus hasil. Jika masih ada item yang belum terhapus, lakukan lagi langkah ini sampai tidak ada item yang muncul.


Menghapus semua riwayat aktivitas akun

  • Klik tombol menu titik tiga di kanan atas pada navigasi situs, kemudian klik pilihan Hapus aktivitas menurut
    Hapus semua riwayat aktivitas akun Google
  • Atur aktivitas yang ingin dihapus dengan mengubah pilihan Hari ini menjadi Semua
  • Klik Hapus, Anda akan diberi beberapa pertanyaan, ikuti saja langkah lanjutannya.

Kontrol Aktivitas

Di bagian Kontrol Aktivitas, kita bisa menentukan aktivitas dari layanan apa saja yang ingin disimpan atau tidak disimpan dalam histori Google. Jadi, ketika Anda memilih untuk tidak menyimpan aktivitas dari sebuah layanan Google, misalnya aktivitas web dan penelusuran. Maka semua data riwayat browsing Anda tidak akan disimpan oleh Google, dan Anda tidak perlu lagi menghapus riwayat penjelajahan pada histori Google.



Catatan:
Sebelum Anda mulai menghapus data riwayat penjelajahan pada histori Google. Ada baiknya pelajari lebih dulu dengan mengikuti tautan yang disarankan Google.

No comments: