-->

Sunday, November 12, 2017

Cara Perpanjang Masa Aktif Domain Gratis di Freenom

Seperti yang sudah pernah saya sampaikan pada postingan sebelumnya mengenai cara daftar domain gratis di Freenom. Bahwasannya pihak Freenom juga menggratiskan biaya pembaharuan / perpanjangan masa aktif untuk domain gratis .tk, .ml, .cf, .ga, dan .gq dengan durasi 1 hingga 12 bulan kedepan.

Kapan proses pembaharuan domain di Freenom bisa dilakukan?
Dua Minggu atau 14 hari sebelum masa aktif domain habis pihak Freenom akan mengirimkan pesan email kepada Anda perihal pembaharuan / perpanjangan masa aktif domain gratis dari Freenom. Jika selama masa itu Anda tidak melakukan pembaharuan, maka secara otomatis Anda akan kehilangan hak guna untuk nama domain tersebut.

Bagaimana cara melakukan perpanjangan masa aktif domain gratis di Freenom?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk cara perpanjang domain di Freenom.
  1. Silahkan kunjungi halaman Client Area https://my.freenom.com lalu masukkan alamat email dan password yang Anda buat ketika membuat akun Freenom. Kemudian klik tombol Login.
  2. Setelah berhasil login, pada bagian Services pilih Renew Domains.
  3. Klik tombol Renew This Domain dengan catatan status domain Anda Renewable.
  4. Pilih periode / durasi masa aktif perpanjangan domain. Pilih 12 Months @ FREE untuk perpanjangan masa aktif domain secara gratis selama 1 tahun kedepan. Kemudian klik tombol Order Now.
  5. Selesai. Domain Anda telah berhasil diperpanjang masa aktifnya.

Catatan:
Dalam situs resminya, pihak Freenom memberikan layanan gratis pembaharuan yang tidak terbatas untuk setiap nama domain gratis. Itu artinya, Anda bisa menggunakan domain gratis Freenom untuk selamanya. Asalkan, Anda selalu melakukan perpanjangan domain ketika masa aktifnya akan habis.

Namun demikian, yang namanya syarat dan ketentuan mungkin saja bisa berubah sewaktu-waktu.