-->

Friday, June 29, 2018

Cara Memasang Template Blog File ZIP, RAR, TXT lewat HP Android

Mungkin ini bukan pekerjaan yang rumit bila file template / tema yang kita download memiliki format file XML. Kita tinggal Upload file dari dokumen unduhan ke dalam Blog yang ingin kita ganti template nya.

Tapi, bagaimana jika format file yang diunduh sudah dikompresi menjadi file Zip atau Rar, dan perangkat yang tersedia hanya smartphone Android, tentu ini tidak akan semudah seperti biasanya. Kita perlu melakukan beberapa langkah agar file template hasil download bisa dipasang di blog.

Berikut cara menerapkan / memasang file template Zip / Rar hasil download menggunakan HP Android.

Ekstrak file
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah meng-ekstrak file Zip atau Rar menjadi file xml menggunakan aplikasi. Anda bisa menggunakan aplikasi AndroZip atau aplikasi serupa lainnya.

  1. Buka aplikasi AndroZip
  2. Pilih folder Download
  3. Cari file template yang akan di ekstrak, jika sudah ketemu, klik pada file tersebut, kemudian klik "Extract file Here"
  4. Selesai


Catatan:
Untuk format file hasil ekstrak biasanya ada dua kemungkinan, bisa file xml atau bisa juga file txt.

Meskipun format file sudah diubah menjadi xml. Namun file ini belum bisa kita upload ke dalam Blog. Agar bisa digunakan ada dua cara yang bisa ditempuh.

1. Upload file ke Google Drive

Cara pertama ini hanya berlaku jika format file hasil ekstrak adalah xml.

  1. Pada aplikasi AndroZip cari file hasil ekstrak nya (biasanya ada di sekitar file tersebut / masih di folder yang sama). Jika sudah ketemu, klik file kemudian pilih "Send"
  2. Pilih "Simpan ke Drive"
  3. Atur lokasi akun dan folder tujuan, kemudian klik "Simpan"
  4. Buka aplikasi Google Drive
  5. Buka folder yang menjadi tujuan file yang diunggah.
  6. Klik tanda panah melingkar untuk memulai upload file.

Langkah ini ditempuh karena biasanya setelan Google Drive hanya akan mengunggah file menggunakan jaringan Wi-Fi, jika ternyata file sudah diunggah otomatis, maka abaikan saja langkah nomor 6.

Setelah file tersebut berhasil diunggah, Anda bisa memasang template tersebut pada blog yang ingin Anda ganti template nya.

Masuk Blogger >> pilih blog >> pilih menu Tema >> Backup / Pulihkan >> pilih file >> Dokumen >> pilih Drive dari akun lokasi file di simpan >> Drive Saya >> buka folder >> klik file template >> Upload.

Baca juga:

  1. Cara Edit Template Blog Dengan HP Android
  2. Cara Membuat Template Blog Responsive
  3. Daftar Template Default Blogger Responsive


2. Menggunakan file Inang

Cara ini bisa digunakan untuk format file hasil ekstrak berupa file txt maupun xml.

Langkah pertama adalah membuat file inang yang akan digunakan untuk menampung file hasil ekstrak.
Buka blog >> pilih menu Tema >> Backup / Pulihkan >> klik tombol Download.

Selanjutnya, Salin semua kode dari file hasil ekstrak
Buka aplikasi AndroZip >> pilih folder Download >> cari file template hasil ekstrak, klik file tersebut >> klik Open >> pilih browser (terserah) >> setelah terbuka, salin semua kode template.

Mengganti file Inang dengan file hasil ekstrak yang sudah Anda salin / copy.
Buka aplikasi DroidEdit >> klik tombol menu (paling kiri) >> klik Open >> pilih Local >> masuk folder Download (storage/sdcard0/Download) >> klik file template yang akan dijadikan file inang (file dari langkah pertama) >> block semua kode template, kemudian hapus >> Tempel / pastekan kode dari file hasil ekstrak >> klik lagi tombol menu (paling kiri) >> pilih "Save".

Sekarang isi dari file inang sudah tergantikan oleh file template yang baru, hasil dari ekstrak file Zip / Rar. Untuk memasang template ke dalam Blog, Anda tinggal meng-upload file tersebut melalui dokumen unduhan ke dalam Blog yang Anda inginkan.



Uhh, ribet banget kan. Padahal seingat saya, dulu tidak serumit ini bro. Tapi, mau gimana lagi, begitulah cara memasang template Blogger dari file Zip / Rar.

Lalu, bagaimana cara memasang template Blogger hasil Download melalui desktop / PC? "Entahlah???"