-->

Sunday, March 4, 2018

Cara Menyingkat URL Panjang dengan Google URL Shortener

Mungkin Anda sering menjumpai link atau URL pendek yang terdapat di dalam pesan singkat, email, atau postingan yang dibagikan di sosial media, seperti Facebook, Twitter, dan yang lainnya. Jika Anda termasuk orang yang suka membagikan url tautan , mungkin Anda perlu mencoba layanan penyingkat url dari Google.

Google URL shortener merupakan salah satu layanan penyingkat url dari Google yang bisa kita gunakan secara gratis dan sangat mudah.

Dengan Google URL shortener kita bisa mengubah url yang panjang dan ribet menjadi sangat singkat, unik, dan tentunya jauh lebih praktis ketika di-share.

Beberapa keuntungan membuat url menjadi singkat

  1. Lebih simpel dan mudah diingat
  2. Tidak terlalu banyak makan tempat, jadi sangat cocok untuk disisipkan dalam pesan yang memiliki space terbatas
  3. Terlihat lebih cantik, menarik, dan mungkin bisa membuat penasaran bagi mereka yang melihatnya.


Berikut cara membuat url singkat dengan Google short URL

  1. Silahkan kunjungi situs Google pemendek URL di goo.gl
  2. Jika Anda tidak bisa masuk langsung ke situs tersebut, klik tombol "Masuk" yang ada di bagian kanan atas.
  3. Ketik atau tempelkan URL Anda pada kotak "Your original URL here"
  4. Klik tombol "Shorten URL".
  5. Copy URL unik Anda, kemudian klik "Done"

Penyingkat url / Google short url
Contoh screenshoot Google short url

Pada contoh gambar screenshoot di atas, jika Anda klik URL singkat goo.gl/MfZus6 ini, maka akan diarahkan ke URL asli https://bakuloreg.blogspot.com/2018/03/cara-membuat-email-gmail-baru.html.

Catatan:
Untuk melihat data statistik sebuah URL singkat, seperti jumlah klik, jenis browser yang digunakan, dan yang lainnya. Anda tinggal mengunjungi url singkat tersebut dengan menambahkan dot info (.info) dibelakangnya. Misal, untuk mengetahui data statistik dari url singkat di atas, kita cukup mengunjungi goo.gl/MfZus6.info.

Penting!!!
Mulai 13 April 2018 layanan penyingkat url goo.gl sudah tidak bisa digunakan lagi, dan akan digantikan dengan layanan baru yang bernama Firebase Dynamic Links (FDL). Informasi lengkap bisa dilihat di blog resmi Google.

No comments: