-->

Monday, June 20, 2016

Letakkan Judul Postingan di depan Judul Blog agar lebih SEO

Meletakkan judul postingan / artikel berada di depan judul blog pada hasil penelusuran google search agar lebih SEO friendly, merupakan salah satu metode / tips seo yang biasa dilakukan oleh kebanyakan pemilik blog untuk meningkatkan posisi SERP. Karena nilai judul artikel berada di atas judul blog dimata mesin pencari. Jadi jika target pengunjung blog sampean adalah dari queri judul artikel, maka cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan SERP. Sebaliknya untuk situs web atau blog yang sudah sangat terkenal yang iklannya sering mondar - mandir di TV atau media massa lainnya, saya rasa cara ini tidak perlu diterapkan. Karena kebanyakan pengunjungnya berasal dari hasil queri nama blog tersebut.

Kebanyakan dari template eksternal baik yang gratisan atau premium biasanya sudah menerapkan cara tersebut, namun masih ada beberapa template yang masih meletakkan judul / nama blog di depan judul artikel, terutama template standar bawaan dari Blogger. Dimana hal ini akan menyebabkan terpotongnya judul artikel yang panjang pada hasil index mesin telusur. Tentunya ini sangat merugikan bukan?

Untuk merubah agar judul postingan di depan nama blog pada hasil index mesin penelusuran, silahkan ikuti langkah - langkah berikut ini :

1. Login ke Blogger >> pilih blog >> klik Template >> klik edit html.
2. Cari baris kode seperti di bawah ini
<title><data:blog.pageTitle/>
</title>

3. Hapus kode tersebut, lalu ganti dengan kode di bawah ini
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
      <title>
        <data:blog.pageTitle/>
      </title>
      <b:else/>
          <title>
            <data:blog.pageName/> ~ <data:blog.title/>
          </title>
</b:if>
4. Simpan template

Tanda ~ merupakan pembatas antara judul artikel dengan judul blog pada hasil index mesin telusur. Silahkan ganti sesuai dengan selera anda, bisa dengan tanda | atau >>.

Catatan : Perubahan pada hasil index penelusuran tidak akan langsung terlihat untuk artikel / postingan lama, bisa memakan waktu 1 hari atau 1 minggu bahkan lebih, untuk mempercepat perubahan bisa dengan mengirim ulang url artikel (submit url / ambil sebagai google).

Baca juga artikel Cara menghapus widget blog yang tidak bisa dihapus

Sekian tutorial cara menempatkan judul artikel di depan judul blog. Mohon maaf bila ada salah dalam tulisan ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

12 comments:

Unknown said...

Efektif, Terima Kasih

Ridwan said...

Sama-sama, Terima kasih juga atas tawarannya

Unknown said...

Terima kasih info cara meletakkan judul postingan depan judul blog

Ridwan said...

Sama-sama gan

kiki said...

thanks gan mampir-mapir sini gudangtekno.net kumpulan informasi teknologi masa kini banyak tips trik dan tutorial (Komputer / Android) yang pastinya bermanfaat buat kamu

Ridwan said...

Ok gan, thank's sudah mampir

Jefryand said...

Gan cara biar judul postingan sama judul di penelusuran beda gimana ya? Jgn lupa mampir juga gan andmychord.blogspot.com

Ridwan said...

Setahu saya sih buat duplikat post, gunakan judul berbeda, buat pengalihan. Tapi, saran saya sih jangan, takutnya dianggap spam

Unknown said...

biasa nya pada bagian apa, header atau navbar,,
biar tak coba...

Ridwan said...

Ada di tag head,

Merdeka said...

Mas kalo di blog saya kok gak bisa. Muncul peringatan kayak gini "Mengedit tema sehingga dapat mencampur HTTP dan HTTPS bisa memengaruhi keamanan dan pengalaman pengguna blog Anda jika dilihat melalui HTTPS". Masalahnya apa y ??? Mohon bantuannya.

RaulGanteng said...

@Merdeka,coba di edit HTML nya rubah semua http menjadi https